Techinical Side of Piping

Techinical Side of Piping

Saat ini mobilitas manusia semakin tinggi. Keperluan manusia bisa berasal dari tempat yang berbeda-beda. Keperluan kerja di satu tempat, keperluan makan di tempat yang lain, keperluan tidur di tempat yang lain lagi, berbagai keperluan berbagai tempat. Keperluan mobilitas yang tinggi ini pun perlu ditunjang dengan transportasi yang memadai. Selain itu, setiap kendaraan membutuhkan pasokan energi yang cukup pula. Saat ini, kendaraan yang ada di dunia sebagian besar menggunakan energi fosil atau energi yang berasal dari pembakaran hasil fosil. Hasil fosil yang paling banyak digunakan saat ini adalah yang berupa cairan atau minyak. Terdapat minyak solar maupun bensin. Kedua sumber ini didapatkan dari tempat yang jauh dari pemukiman manusia sehingga perlu dipindahkan agar dapat diolah dan dikonsumsi oleh manusia.

 

Pemindahan fluida yang paling efisien dan murah saat ini adalah dengan menggunakan pipa. Sistem perpipaan perlu dipasang di tempat pengeboran, di tempat pengolahan maupun di sepanjang antar tempat tersebut. Sistem perpipaan ini perlu dirancang dengan begitu baik agar semua aktivitas dapat berjalan dengan baik. Ada banyak perangkat lunak yang dapat digunakan untuk merancang sistem perpipaan di suatu tempat. Untuk pendesainan, sistem perpipaan dapat menggunakan CAD (Computer-Aided Drafting) atau MDA (Mechanical Design Automation). Hasil dari perangkat lunak ini adalah berupa gambar desain teknik untuk dilaksanakan di lapangan.

 

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, para perancang sistem perpipaan dapat dengan mudah merubah suatu kondisi di hasil desain yang sudah ada tanpa perlu menggambar ulang keseluruhan gambar bila menggunakan cara manual. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, para perancang sistem perpipaan dapat juga memperbanyak gambar dengan mudah, cepat, minim kesalahan dan murah karena diperbanyak oleh mesin printer. Dengan memperbanyak gambar, pelaksana di lapangan dapat mengikuti gambar dengan mudah dan cepat bila dibandingkan gambar yang tersentralisasi atau gambar yang dipegang perancang saja. Perangkat CAD saat ini bahkan dilengkapi dengan sistem perancang 3D sehingga visualisasi dapat lebih baik. Visualisasi ini penting untuk meyakinkan investor maupun untuk memberikan gambaran pada saat pengerjaan di lapangan. Saat ini bahkan sistem perancang 3D juga dihubungkan dengan printer 3D.

Printer 3D (sumber: pc-mags.com)

 

Printer 3D dapat digunakan untuk membuat prototype atau model yang dapat dipegang. Selain itu model dapat digunakan untuk uji coba terhadap kondisi yang akan terjadi pada kenyataan. CAD dapat juga dihubungkan dengan robot-robot produksi pada industri. Pada bagian selanjutnya, akan dibahas lebih banyak lagi tentang perangkat lunak sistem perpipaan. Stay tuned!

Kami jasa renorooter menerima pembersihan dan pelancaran pada pipa mampet air kotor pembuangan di rumah / kantor. unit/ ruko/ pabrik / restoran ANDA. melayani jasa 24 jam ke mampet tan  pada wastafel + wc + closet + toilet + talang + kamar mandi + bak kontrol + cucian baju + cucian piring + floor drain + septitank + dll. hubungi 08119765555 jakarta dan sekitarnya